SHI DAN AMAN BANGKEP SUKSES MELAKSANAKAN PARALEGAL

0
351

RADARNASIONAL,BANGKEP-kegiatan Paralegal LBH (Lembaga Bantuan Hukum) RAKYAT oleh Sarekat Hijau Indonesia (SHI) dan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) berjalan dengan sukses .

Adapun, kegiatan tersebut dilaksanakan di Salakan ,Ibukota Kabupaten Bangkep pada Selasa, (23/03/2021) Dan dikuti oleh 3 komunitas Lipu (Desa) Okulopotil ,Lipu Lemelem Darat dan Lipu Tatendeng.Kesemuanya berasal dari Kecamatan Buko.

Menurut Direktur LBH RAKYAT ,Khasogi Hamonangan .SH yang didampingi Advokat Rakyat Agussalim .SH ,”diperlukan agenda hukum progresif bagi masyarakat dalam memandang ekosistem Sumber Daya Alam pro Konservasi Rakyat sehingga tujuan dari terlaksana kegiatan tersebut dapat tercapai. Ujarnya

Lanjut dari pada itu,jelas Khasogi Hamonangan kegiatan Paralegal ini merupakan perwujudan kerjasama Organisasi Sosial kemasyarakatan yang peduli atas perlindungan Sumberdaya Alam berbasis Konservasi Hutan dan Laut.

“Kan semua kegiatan aktivitas sosial di sekitar lingkungan sumber daya alam merupakan identitas budaya lokal yang patut dilindungi secara hukum’, jelas Ogy panggilan akrabnya.

Sementara Ketua Lembaga Adat Komunitas Togong Tanga Ibu Yermin (32) mengatakan, ” kami sangat membutuhkan pendidikan Paralegal ini,sebagai bentuk perlindungan identitas budaya kami secara hukum dengan dasar adanya pengakuan atas sumber sumber kehidupan Ekologi Sosial kami.ungkapnya

Begitu juga Dewan Wilayah AMAN (Aliansi Masyarakat Adat Nusantara ) Banggai Bapak Rifai Juga menambahkan bahwa secara keseluruhan keberadaan Masyarakat Hukum Adat Banggai memiliki luas wilayah dengan kekayaan yang sangat berarti bagi kelangsungan hidup budaya sosial ekonomi.

“Masyarakat Adat Banggai memiliki sejarah untuk perlindungan Ekologinya, olehnya kami memerlukan pendidikan Paralegal dari teman teman Advokat Rakyat di LBH Rakyat untuk bekal kami.

Acara pelatihan Paralegal ini dilaksanakan oleh rekomendasi Komunitas Togong Tanga dengan mengundang SHI dan AMAN Banggai bekerjasama dengan LBH RAKYAT.ujarnya

Agenda Acara yang diikuti perwakilan Lipu ini tetap akan terus berlanjut Dan merupakan salah satu agenda luarbiasa Dan akan dilanjutkan bulan depan dengan mengusung Musyawarah Besar se Kabupaten Banggai Kepulauan.red

The playlist identified with the request's playlistId parameter cannot be found.

LEAVE A REPLY