Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu Bersama Gubernur Sul-Teng Tinjau Kondisi Desa Rogo, Kec. Dolo Selatan Pasca Banjir Bandang

0
122

RadarNasional,Sigi-Beberapa waktu yang lalu banjir bandang akibat longsoran tebing pada bagian hulu dan luapan Sungai Rogo telah merendam dan merusak sejumlah pemukiman warga dengan lumpur dan material di Dusun IV Desa Rogo, Kec. Dolo Selatan, Kab. Sigi, Prov. Sulawesi Tengah, pada 29 Agustus 2021.

Dalam menindaklanjuti penanganan darurat banjir bandang di Desa Rogo, pada 2 September 2021, BWS Sulawesi III Palu bersama Gubernur Sulawesi Tengah, Bupati Sigi, Kepala Dinas PU Kab. Sigi, dan BPBD Kab. Sigi bersama-sama meninjau kondisi lapangan pasca banjir bandang.

Sebelumnya, sebagai tanggap darurat penanggulangan bencana banjir tersebut, pada 29 Agustus 2021 Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu telah melakukan koordinasi bersama dengan Bupati Sigi, BPBD Kab. Sigi, Dinas PU Kab. Sigi, Aparat Kepolisian dan Gabungan TNI dan Tim Medis dalam melaksanakan tanggap darurat. Kemudian pada 30 Agustus 2021, Kepala BWS Sulawesi III Palu bersama Tim Kaji Cepat Satgas Banjir BWS Sulawesi III Palu telah melakukan peninjauan langsung di lokasi kejadian bencana banjir dan telah mengerahkan 3 unit alat berat/excavator milik BWS Sulawesi II, Dinas PU Kab. Sigi, dan BPBD dalam melakukan pembersihan berupa galian sedimen banjir dan bongkahan kayu pada ruas bagian hilir dan bagian hulu Sungai Rogo.

Setelah menyerahkan bantuan logistik kepada korban bencana banjir, Gubernur beserta rombongan didampingi oleh BWS Sulawesi III Palu kembali meninjau pembangunan Sabo Dam di Sungai Poi, Kab. Sigi (River Improvement and Sediment Control in Poi River, Sigi). Pada peninjauan tersebut, Kepala Satker PJSA WS. Palu-Lariang, WS. Parigi-Poso, WS. Kaluku-Karama Prov. Sulawesi Tengah, Radia Zulfikar, ST., MT., bersama jajaran BWS Sulawesi III Palu menjelaskan progres terkini pembangunan pekerjaan di Sungai Poi, serta fungsi dari bangunan Sabo Dam yang saat ini sedang dibangun di beberapa Desa di Kab. Sigi.

Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdi Mastura dalam diskusinya meminta pihak BWS Sulawesi III Palu dan JICA, dapat membantu pemulihan dan penanggulangan bencana banjir di beberapa desa rawan longsor di Kab. Sigi, seperti pembangunan Sabo Dam yang saat ini sedang dibangun di Desa Bangga, Desa Salua, dan Desa Poi.

LEAVE A REPLY