Groundbreaking Jembatan IV Palu di Gelar Gubernur Sulteng Ucapkan Terima Kasih Kepada Kementrian PUPR

0
Foto:Sumber IG BPPW Sulteng

Radarnasional-Palu-Dalam rangka upaya pemerataan pembangunan infrastruktur,Kementrian PUPR oleh Balai Jalan Nasional Provinsi Sulawesi Tengah akan membangun kembali jembatan IV  Palu.

Kegiatan ini diawali dengan Groundbreaking  tanda akan kesiapan pembangunan Jembatan IV Palu segera dilaksanakan(20/7) .

Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR dan semua pihak yang telah bekerja keras sehingga akan dibangunnya kembali jembatan yang menjadi kebanggaan Masyarakat.

Dalam keterangannya Gubernur  mengenang saat dirinya menjadi Wali Kota Palu dan membangun Jembatan IV Palu menggunakan APBD adapun anggaran yang digelontorkan waktu itu Rp 57 miliar.

Sampai pada waktunya tepat tahun 2006 jembatan itupun langsung diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Bukti nyata kepemimpinan mantan walikota tersebut sangat di apresiasi salah satu keberhasilan yang dipatut dibanggakan dengan anggaran APBD mampu membuktikan keberhasilannya kepada masyarakat luas

Adapun kepala Balai Jalan Nasional Provinsi Sulawesi Tengah Arief Syarif Hidayat menjelaskan Pembangunan Jembatan IV Palu akhirnya terwujud empat tahun pascagempa dan tsunami 2018 silam dimana kembali akan digantikan oleh jembatan baru dengan fungsi yang sama diketahui Jembatan pengganti ini merupakan hibah (grant) berbentuk barang yang diberikan oleh Pemerintah Jepang kepada Pemerintah Indonesia melalui Kerjasama yang difasilitasi oleh Japan International Cooperation Agency (JICA).

Dalam perkembangannya terkait pelaksanaan pekerjaan pengantian jembatan ini akan berlangsung selama 24 bulan, dengan kontraktor pelaksana langsung dari Jepang yaitu Tokyu Construction Co., Ltd. Adapun konsultan pengawas yang akan memastikan pekerjaan berlangsung sesuai dengan persyaratan adalah The Consortium of Oriental Consultants Global Co., Ltd. And Yachiyo Engineering Co.,Ltd

Diketahui Proyek Kementrian PUPR ini akan dikerjakan  rekonstruksi jembatan sepanjang 250 meter menelan dana senilai Rp 200 miliard.

 

[yotuwp type="videos" id="jmZnAc_593w" ]

LEAVE A REPLY