Walikota Palu Dampingi Presiden RI Resmikan RSUD Anutapura Palu

0

Radarnasional,Palu-Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE mendampingi Presiden RI, Ir. Joko Widodo meresmikan RSUD Anutapura Palu, pada Selasa, 26 Maret 2024 di halaman rumah sakit setempat.

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemukulan rebana oleh Presiden Jokowi bersama Wali Kota Hadianto dan pejabat lainnya.

Rumah sakit itu merupakan salah satu proyek penuntasan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana Gempa, Tsunami, dan Likuefaksi yang terjadi tahun 2018 silam.

“Kita ingat korban jiwa mencapai 4.340 jiwa, kemudian 175 ribu orang mengungsi dan 68 ribu rumah rusak dan dampak kerusakan mencapai hitungan kita Rp15 triliun kurang lebih,” kata Presiden.

Presiden Jokowi bersyukur, sejumlah fasilitas publik seperti jalan, jembatan, pendidikan pelayanan kesehatan, aktivitas sosial, dan ekonomi di Sulawesi Tengah telah kembali pulih.

Sebagaimana diketahui, Instruksi Presiden (Inpres) nomor 8 tahun 2022 tentang Penuntasan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana di Provinsi Sulawesi Tengah akan berakhir Desember 2024.

“Hari ini akan kita resmikan rehabilitasi dan rekonstruksi bangunan gedung layanan kesehatan fasilitas pendidikan dan dunia serta infrastruktur permukiman pascabencana,” ungkap Presiden.

Rekonstruksi gedung Anutapura Medical Center RSUD Anutapura Palu, dilaksanakan sejak tahun 2021 dengan total luas tanah sekitar 19 ribu meter persegi dengan anggaran Rp244 miliar.

Gedung tersebut dilengkapi Instalasi Gawat Darurat (IGD), kebidanan, poliklinik, radiologi, laboratorium, ruang rawat inap, dan instalasi bedah sentral.

“Gedung ini menjadi gedung yang pertama di Indonesia, yang menerapkan teknologi _based isolation system_ dengan _literaber pearing_ untuk menahan daya seismik akibat Gempa,” jelas Presiden.

Selain itu, Presiden Jokowi juga meresmikan rekonstruksi gedung UIN Datokarama Palu yang dibangun pada tahun 2020, serta Huntap dan infrastruktur permukiman pascabencana yang telah dibangun sejak tahun 2019 sampai 2024.

[yotuwp type="videos" id="jmZnAc_593w" ]

LEAVE A REPLY