Yopi Sabara :”bagaimana meminimalisir potensi bahaya kebakaran dan kerugian yg ditimbulkan di Bahodopi”

0
120

Oleh: Yopi Sabara (Ketua Kerukunan Masyarakat Kec.Bahodopi)

MIRISSS….

Kita hanya bisa terus terusan menyaksikan bagaimana si jago merah ini melahap bangunan yg dilewatinya.

Nyaris tak bersisa. Kalau sdh seperti ini siapa yg mau bertanggungjawab. Rasa-rasanya baru kemarin musibah kebakaran ini terjadi di kampungku, kini, petang tadi terjadi lagi.

Saran, kritikan kerap kali kita layangkan kepada semua pemangku kebijakan di daerah ini, kepada mereka yg punya andil, berkontribusi untuk membangun daerah ini. tapi nyatanya dgn selalu menemui kepahitan, lagi-lagi kita masih belum bisa belajar dari puluhan kejadian semacam ini.

Untuk kesekian kalinya saya mau menyarankan, jika daerah Bahodopi ini menjadi tanggungjawab Damkar Kabupaten, bisakah sebahagian petugas Damkarnya, fasilitas nya ditempatkan dan ditugaskan di wilayah kecamatan Bahodopi ? Mungkin kurang personil dan armadanya ? Saran saya, ditambah bapak/ibu.

Jika Damkar IMIP diberi amanah untuk mengcover wilayah kecamatan Bahodopi, Saran saya personal dan armadanya jgn disimpan dalam kawasan. Bagi petugas dan armadanya untuk ditempatkan di salah satu desa yg ditunjuk. Personil dan armada kurang ? Ditambah dong. Masa IMIP gak mampuh mengadakan armada tambahan Damkar.

Harapan kita, para pemangku kebijakan, semua stakeholders yg punya wewenang dan tanggungjawab untuk menyelesaikan masalah seperti ini bisa lebih aware, sadar, bahwa bencana kebakaran ini sangat mengerikan dan butuh upaya pencegahan yg lebih serius dan massive dari segi kesiapan armada Damkar yg ditunjang dgn penataan pemukiman yg lebih baik dan terarah. Karena penataan pemukiman yg tidak layak dan standar menjadi slah satu memicu kebakaran yg lebih meluas.

Semoga Allah SWT melindungi kita semua dari segala bencana. Dan harapan besar kita adalah musibah kebakaran yg terjadi hari ini adalah yg terakhir karena pemerintah telah mampu menyediakan semua sarana dan prasaran penunjang untuk

meminimalisir potensi bahaya dan kerugian yg ditimbulkan dari setiap musibah kebakaran dan musibah-musibah lainnya. Aamiin

Turut berdukacita dan berbelasungkawa yg setinggi-tinggi dan sebesar-besarnya atas musibah kebakaran yg terjadi petang tadi yg menimpa saudara kami diarea padat penduduk desa Keurea. Semoga Allah memberi kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi musibah ini.

 

CMIIW

Sumber gambar dari WAG

LEAVE A REPLY