Kadis Pariwisata Kota Palu Wakili Walikota Hadiri Hut ke -129 Kab. Poso

0

Radarnasional,Palu-Wali Kota Palu diwakili Kepala Dinas Pariwisata Kota Palu, Ridwan Mustafa menghadiri Upacara HUT ke-129 Kabupaten Poso, pada Jumat, 01 Maret 2024 di halaman kantor bupati setempat.

Kegiatan yang dihadiri sejumlah perwakilan kepala daerah di Sulawesi Tengah ini dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur, H. Ma’mun Amir.

Wagub Ma’mun Amir dalam sambutannya menyampaikan selamat ulang tahun ke-129 kepada Pemerintah Kabupaten Poso bersama masyarakat Poso yang larut dalam kegembiraan merayakan Hari Jadi Kota Poso.

“Semoga Kota Poso, di usianya ke-129, bertambah maju dan solid sebagai kota harmoni dalam kearifan lokal Sintuwu Maroso,” ungkap Wagub.

Kita patut bersyukur, kata Wagub, bahwa situasi Kota Poso sekarang ini sudah jauh lebih baik dan terlepas dari stigma akibat konflik masa lalu yang pernah terjadi di kota ini.

Menurut Wagub, keberhasilan melepaskan diri dari stigma ini, merupakan buah dari keinginan yang kuat, serta perjuangan semua elemen untuk hidup rukun dalam keberagaman, saling pengertian, saling menghormati, dan menjadikan kearifan lokal Sintuwu Maroso sebagai jangkar sosial dalam menjaga keutuhan masyarakat Poso.

Sintuwu Maroso adalah bentuk kearifan lokal masyarakat Poso yang mengamalkan nilai-nilai kebersamaan, solidaritas dan toleransi sebagai katup pengaman untuk mencegah timbulnya konflik sosial, termasuk dalam merespon perbedaan pilihan politik satu sama lain.

“Karena itu, dengan telah berakhirnya pesta demokrasi Pemilu 2024, maka saya ingin mengajak semua pihak untuk kembali hidup normal dan bersatu lagi sebagai bangsa,” ajak Wagub.

Kalaupun calon yang didukung itu menang maka mesti disikapi dengan rasa syukur tanpa harus mencela pilihan orang lain yang berbeda dengan kita.

Begitu pula jika ternyata calon yang didukung itu kalah maka mesti disikapi dengan lapang dada tanpa berprasangka buruk atas kemenangan calon lain dalam kontestasi ini.

“Marilah kita memupuk solidaritas dan persaudaraan, karena seribu kawan itu masih terlalu sedikit dibandingkan dengan satu lawan,” ungkap Wagub.

[yotuwp type="videos" id="jmZnAc_593w" ]

LEAVE A REPLY