Kab.Morowali Memperoleh Penghargaan Pencapaian Realisasi Investasi Tahun 2021 Urutan Ke-4

0
150

RadarNasional-Gubernur H. Rusdy Mastura didampingi Kadis DPMPTSP Mohammad Rifani, S.Sos, M.Sidan Kepala Bappeda Ir. Cristina Shandra Tobondo, MT mengikuti acara Penghargaan Capaian Realisasi Investasi Tahun 2021 Kepada Pemerintah Daerah.

Kegiatan dilaksanakan secara Virtual melalui Via Zoom Meeting, bertempat diruang kerja Gubernur Sulawesi Tengah. Rabu, (16/2/2022)

Deputi Bidang Pengendalian, Pelaksanaan Penanaman Modal BPKM Imam Soejoedi dalam laporanya menyampaikan bahwa pemberian penghargaan atas capaian realisasi investasi tahun 2021 kepada pemerintah daerah ini adalah untuk memberikan apresiasi kepada kepala pemerintah daerah atas pencapaian realisasi investasi sebesar 901 Triliun.

Dengan kolaborasi dan kerja sama pemerintah daerah, PTSP sangat menunjang kinerja capaian atas realisai investasi ini.

Telah hadir 7 kepala pemerintah provinsi, dan 10 Bupati/Walikota, yang mencapai realisasi capaian tertinggi dari seluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Dari capaian 901 Triliun tersebut, 7 Provinsi yang memiliki capaian tertinggi yakni ; Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Banten, Riau, Jawa Tengah dan Maluku Utara. Dengan total realisasi investasi sebesar 526.58 Triliun atau mencapai 58,4 % dari total capaian realisasi. dari 10 Kabupaten/Kota yang memberikan kontribusi sebanyak 27,9 % dari total realisasi dan investasi.

Adapun nama-nama 10 Kabupaten/Kota dengan tingkat capaian realisasi investasi tahun 2021, yaitu ;

Kabupaten Gresik (Peringkat 10),

Kota Cilegon (Peringkat 9),

Kota Balikpapan (Peringkat 8),

Kabupaten Konawe (Peringkat 7),

Kabupaten Mimika (Peringkat 6),

Kabupaten Karawang (Peringkat 5)

Kabupaten Morowali (Peringkat 4),

Kabupaten Almahera Tengah (Peringkat 3),

Kota Surabaya (Peringkat 2) dan,

Kabupaten Bekasi (Peringkat 1).

Selanjutnya, adapun nama-nama Provinsi dengan tingkat capaian realisasi investasi tahun 2021, yaitu ; Maluku Utara (Peringkat 7), Jawa Tengah (Peringkat 6), Riau (Peringkat 5), Banten (Peringkat 4), Jawa Timur (Peringkat 3), DKI Jakarta (Peringkat 2) dan Jawa Barat (Peringkat 1).

Menteri Investasi dan BPKM, Bahlil Lahadalia memberikan secara langsung Penghargaan Capaian Atas Realisasi Investasi Tahun 2021 Kepada Pemerintah Daerah.

Menteri Investasi dan BPKM, Bahlil Lahadalia, SE dalam arahanya menyampaikan bahwa keberhasilan realisasi investasi bukan hanya hasil kerja dari Kementerian Investasi akan tetapi usah dari para Kepala Daerah baik ditingkat Gubernur, Bupati/Wali Kota dan seluruh perangkatnya sehingga tercapai realisasi investasi sebesar Rp. 901 Triliun.

“instrumen kesejahteraan banyak fariabelnya, salah satunya adalah investasi.” Terang beliau

Berdasarkan data, sejak Indonesia merdeka investasi diluar pulau jawa sampai dengan tahun 2020 kuartal ketiga berada dibawah pulau jawa, akan tetapi sejak kuartal ketiga sampai dengan sekarang investasi diluar pulau jawa sudah lebih besar yaitu sebesar 52%.

Lebih lanjut, beliau menjelaskan bahwa investasi pasti banyak menghasilkan lapangan pekerjaan, pendapatan daerah serta menghasilkan kolaborasi. sejak 2020 beliau coba untuk mencanangkan antara kolaborasi yang masuk di daerah berkolaborasi dengan pangusaha di daerah, bukan lagi pengusaha daerah yang berada di Jakarta sehingga diharapkan kedepannya para pengusaha di daerah bisa menjadi tuan di negerinya sendiri dengan memanfaatkan seluruh resources sumberdaya alam dan potensi ekonomi di daerah itu.

Turut hadir : Mendagri diwakili Sekjen Kemendagri, Gubernur, Bupati/Walikota, Pejabat Eselon I Kementrian Investasi dan BPKM, Pejabat Eselon I Kemendagri dan Kelompok Ahli Kementrian Investasi dan BPKM.

Sumber : Humas DKIPS Provinsi Sulteng.

LEAVE A REPLY