Pemkot Palu Hadiri Peresmian Gedung Universitas Terbuka

0

Wali Kota Palu diwakili Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palu, dr. Husaema, MM.,M.Kes menghadiri Peresmian Gedung Universitas Terbuka, Jalan Pendidikan, Kelurahan Tondo, Kota Palu, pada Selasa, 27 Februari 2024.

Asisten Husaema yang membacakan sambutan tertulis wali kota menyampaikan selamat dan sukses atas peresmian gedung Universitas Terbuka Palu, semoga dengan pemanfaatkan gedung baru akan menambah semangat dalam membangun sumber daya manusia.

Menurut asisten, peresmian dan pemanfaatan gedung Universitas Terbuka Palu, menjadi momentum untuk menyelesaikan masalah-masalah fundamental pendidikan yang dimiliki, dan momentum untuk melaksanakan, mempersiapkan strategi besar, terutama di bidang pengembangan sumber daya manusia.

“Di saat puncak bonus demografi sekarang ini, di mana usia kerja mendominasi proporsi penduduk Indonesia, artinya kita harus menyediakan peluang kerja sebanyak-banyaknya,” kata asisten.

“Kita harus meningkatkan kapasitas sdm kita, agar lebih produktif dan lebih kompetitif, sehingga strategi pengembangan sdm kita, harus komprehensif dan mampu menjawab persoalan daerah dan bangsa,” lanjut asisten.

Asisten menyatakan, lembaga pendidikan tinggi menempati posisi yang sangat sentral. Hal ini karena, perguruan tinggi memiliki ekosistem pembelajaran yang baik, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan potensial untuk mengembangkan inovasi.

Namun demikian, perlu adanya kolaborasi dengan pihak luar, yang notabene ada industri yang langsung bekerja di lapangan, praktik di lapangan, ada ekosistem kewirausahaan, ada research and development.

“Ini merupakan sumber pembelajaran yang baik bagi generasi muda kita, sehingga perlu adanya kolaborasi. Kurikulum harus menjawab kebutuhan pasar tenaga kerja. Terlepas dari semua itu, pendidikan harus mendorong peningkatan Indeks Pembangunan Manusia atau IPM,” ungkap asisten.

Olehnya, keberadaan Universitas Terbuka Palu, selain memberikan kemudahan dalam proses belajar mengajar melalui pemanfaatan teknologi yang nir batas, juga harus mampu mendorong peningkatan Indeks Pembangunan Manusia di Kota Palu, Sulawesi Tengah, bahkan Indonesia.

Asisten menjabarkan capaian indikator IPM Kota Palu tahun 2023 sebesar 83,71 poin. Prestasi ini menggambarkan status pembangunan manusia di Kota Palu, berada pada level sangat tinggi.

“Selama lima tahun terakhir, Indeks Pembangunan Manusia di Kota Palu rata-rata tumbuh sebesar 0,67 point per tahun,” papar asisten.

[yotuwp type="videos" id="jmZnAc_593w" ]

LEAVE A REPLY